Rabu, 21 Agustus 2013

Thunder 250...

Suzuki Thunder 250 . . . Bukan Motor SOHC-4 Tak-4 Klep Biasa !!

Suzuki GS 250, atau yang lebih dikenal dengan Suzuki Thunder 250 merupakan Motor Turing tangguh yang sudah dihentikan produksinya oleh Suzuki Indonesia. Akan tetapi Nggak banyak yang Tahu, walaupun mesinnya hanya sebuah mesin Engkel SOHC ada 4 Klep tertanam di dapur pacunya. Lho sama aja dong sama Yamaha V-Ixion dan Jupi MX? . . . maksute Sama-sama 4klep githu. Betul sama, tapi ada yang ngebedain . . . Desain TSCC (Twin Swirl Combustion Chamber) !! Inilah resep power mesin yang nggak bisa ditiru motor brand lain. Ya iyalah, soale udah dipatenin sama Suzuki Jepang dengan Paten No 771502 . . . kalo Majalah Superbike Bilang : SUZUKI THUNDER 250 . . . What Make It Stick?
TSCC
TSCC ini nggak hanya diaplikasikan ke Suzuki GS, GN dan GZ series . . . akan tetapi juga diaplikasikan sampai ke desain dapur pacu Moge-moge superbike Suzuki Terkini seperti GSX R1000 nya Mas Tri :mrgreen: . Kayak apa sih TSCC itu? Penjelasan dan dokumentasi tentang TSCC dapat bro lihat di Blognya Kang Adet. Dengan segala keterbatasan ilmu mesin, Saya akan coba jelaskan secara lugas. TSCC merupakan desain unik silinder head  yang bentuknya mirip dua cekungan. Bentuk ini memungkinkan terjadinya dua putaran (swirl) campuran dari udara+BBM terpisah. Penempatan Busi ditengah silinder head juga merupakan satu paket dalam Paten ini . . . Oleh karena itu bro dapat lihat letak Busi Thunder 250 agak masuk ke dalam blok mesin.
:roll: intake dari satu karburator dipecah menjadi dua dan membentuk swirl ‘terpisah’
:roll: penampang samping atas dan bentuk dua cekungan pada dinding atas silinder head
Penempatan Busi di tengah Head bertujuan agar percikan bunga apinya dapat menjangkau keduaswirl campuran udara-bensin tersebut, hal inilah yang menghasilkan suatu pembakaran yang terjadi lebih Sempurna, CEPAT dan Efesien. Pembakaran Yang lebih cepat dan Efesien inilah yang menimbulkan side effect : Power Nambah,  pembakaran sempurna menyebabkan penekanan emisi gas buang, meningkatkan respon throtel di semua RPM, dan meminimalisasi efek ngelitik (detonation). Desain Mesin TSCC memang merupakan jawaban atas perkembangan teknologi klep dalam dapur pacu, pada perkembangannya desain TSCC dipadu juga dengan teknologi DOHC. Sejauh ini (IMHO)  TSCC merupakan salah satu desain Terbaik untuk motor yang memiliki 4 klep per silinder !!
Apa kata Mas Imam bengkel sepeda motor tentang Teknologi TSCC ini, seperti saya kutip dari pembicaraan chat di FB kemarin :
OK, jelas, tujuannya (TSCC)  untuk membuat turbulensi (kembar-red) campuran bahan bakar. (Turbulensi kembar ini membuat proses pembakaran) lebih homogen, lebih mudah terbakar, lebih bertenaga !!
Yamaha dan Honda cuma satu turbulensi, berkeliling lateral(horizontal) . Kalau suzuki ini radial (vertikal), dua lagi !!!
Plus Thunder 250 memiliki 2 knalpot yang membuat kecepatan aliran gas buang lebih cepat dibanding 1 knalpot besar dan saat klep ovelap akan meningkatkan efek TSCC, yang muaranya akan dapat sedikit membantu peningkatan performa karena kurva powerband bisa dapat halus (mulus) pun range power rpm-nya bisa Lebar.
Oleh karena itu, terlepas dari harga spare partnya yang cukup tinggi dan agak sulit dicari. Saya masih sangat merekomendasikan motor ini  sebagai motKas yang memiliki Value yang cukup tinggi . . . apalagi harganya sudah mulai sangat terjangkau saat ini. Semoga Berguna

jual semua type motor suzuki cash & credit untuk 
Pemesanan & Negosiasi
Hubungi Marketing Executive SUZUKI
PT. SSU JARI SAKTI
TANJUNG PURA KARAWANG
A L I
081 906 818 111, 085 7822 300 95, 081 380 6171 34
http://suzukisales.blogspot.com
email : suzukisalesjs@gmail.com



Tidak ada komentar :

Posting Komentar